Teman yang “secukupnya”

Sudah sadar kalau sosial media bikin stress?

Belakangan saya sedang menurunkan tingkat “stress” gara-gara teman di media sosial saya dengan berbagai cara. Mulai dari mengurangi untuk buka facebook, mengeblok topik-topik tertentu sampai lebih banyak berkegiatan di dunia nyata daripada sebelumnya.

Salah satu yang paling menyebalkan adalah akun facebook yang dipenuhi debat kusir tak berkesudahan. Banyak orang tiba-tiba paham betul tentang “topik itu” dan akhirnya membuat analisa yang kadang tak masuk diakal.

Namun saya tidak bisa bebas dari sosial media sepenuhnya. Karena orang-orang penting –seperti dosen, serius– lebih mudah dihubungi lewat sosial media.

Dan akhirnya, setelah saya analisa, salah satu biang keladi kenapa sosial media bikin stress adalah terlalu banyak teman.

Berapa teman yang ada di akunmu? 1000? Atau 2000?

Berapakah yang benar-benar teman yang kamu kenal? Mungkin tidak sampai 100. :))

Nah disitulah masalahnya.

IMHO, kita membuat lingkaran-lingkaran pertemanan “nyata” berdasarkan kepribadian kita. Jika saya seorang introvert, saya tidak bakal bergumul dengan seorang yang terlalu ekstrovert. Terlalu showoff.

Begitu pula ketika saya seorang yang suka berpetualang. Kemungkinan besar, teman-teman kita berada di sekitaran traveller ataupun anak-anak gunung. Disitulah tempat saya merasa nyaman.

Lalu kenapa saya harus berteman dengan seorang yang tidak sekufu dengan saya? :))

Yah, mungkin saya terlalu sungkan untuk menghapus pertemanan itu. Padahal teman adalah seorang yang akan membentuk kita. Meskipun itu virtual.

Jadi yah, setelah saya membatasi untuk “menerima” teman-teman yang request ke akun facebook saya beberapa tahun lalu, mungkin kali ini saya akan melakukan sesuatu yang lebih berbeda. Mencukupkan teman-teman sosial media saya.

Tertarik untuk ikut mencoba? 😬

Tinggalkan Balasan

