Buku Flat Earth

Kemarin, sewaktu saya jalan-jalan buat nyari kado teman yang baru wisuda di Gramedia Manyar, ada buku yang nggak disangka-sangka nongol. Ini dia bukunya:

IMG_20170325_094047.jpg

Ini buku Flat Earth (FE), ditulis oleh orang yang langka –orang yang pro sama teori ini. Yang saya heran, kok ada juga penerbit yang mau menerjemahkan dan menerbitkan bukunya. đŸ˜¶

Saya prihatin, karena dengan terbitnya buku ini artinya pasar pemercaya FE itu besar. Karena menerjemahkan itu tidak mudah.

Beberapa saat kemudian iseng-iseng saya googling buku ini yang berakhir ke laman review Amazon. Dan ketika saya baca komentarnya, saya cuma bisa nahan ketawa

Screen Shot 2017-03-26 at 08.13.49.jpeg

Bagi yang kesulitan bahasa Inggris, intinya, komentar pertama memuji buku ini seperti novel thriller mata-mata. Barangkali mirip-mirip Mission Impossible. Komentar kedua pun begitu. Dia menyatakan kalau dia sudah beli buku ini buat yang ketiga kalinya. Salah satunya buat pamannya yang baru saja meninggal. Haha.

Bingung lucunya dimana? Well… Komentar-komentar tadi adalah komentar sarkastik. Bagi yang sering main ke 9GAG pasti ngerti.

Saya juga teringat ketika argumen-argumen kaum FE banyak dipatahkan oleh orang-orang. Bahkan, pernah ada debat sendiri antara LAPAN dengan penganut FE yang dijawab dengan panjang oleh Prof. Thomas Djamaluddin. Dengan gamblang beliau menjawab rasa “ingintahu” kaum FE dengan turunan fisika sederhana.

Akhirnya saya taruh saja buku tadi ke tempatnya. Berdoa agar tidak ada yang beli. Dan semoga saja buku ini tidak jadi best seller di Gramedia sana.

Tabik.

Tinggalkan Balasan

