Contextual learning

Kemarin malam, saya baru saja merampungkan tulisan saya tentang topik yang agak berat tentang analisa statistik suatu berita. Pakai markdown pula. Fyuh…

Saya bersyukur tulisan itu selesai dalam 4 jam, karena saya harus cross-check kesana kemari tentang analisa yang saya buat. Haha

Tepat setelah saya selesaikan tulisan itu, tiba-tiba saya sadar, kalau ternyata saya banyak sekali belajar dari contoh nyata. Bahasa ilmiahnya, contextual learning.

Saya suka belajar, nguprek, dan tanya ini-itu. Kadang-kadang ketika saya nemu sebuah topik menarik, saya bisa seharian googling dan nonton video youtube tentang hal tersebut. Dalam banyak hal, saya sering mengaitkannya dengan hal-hal nyata yang pernah saya alami. Tulisan saya tentang kebosanan misalnya. Waktu itu saya ingat tentang teori guru ekonomi SMA saya tentang marginal utility, terus iseng saja saya sambungin. Dan ternyata masuk juga ya. Begitu pula dengan mata kuliah statistik yang saya dapat kemarin. Nyambung juga sama analisa pernyataan Bukalapak.

Rasanya saya memakai contextual learning ini secara alami. Saya suka analogi-analogi dan pemisalan. Ditambah nggak begitu suka hafalan. Dan ternyata ini membantu sekali di beberapa hal. Termasuk ketika saya UN SMP dan SMA kemarin.

Contextual learning membantu saya mengingat suatu hal karena hal itu benar-benar saya alami. Ketika saya sharing ilmu saya di beberapa kesempatan pun saya coba masukin banyak-banyak analogi dan studi kasus nyata di dunia. Saya pikir, ketika saya terbantu, siapa tahu bekerja juga buat orang lain.

Dan eh, kata wikipedia, ternyata banyak juga manfaat-manfaat lainnya. Seperti melatih problem solving, kemampuan memahami konteks dan pengetahuan yang integral.

Saya bukan mahasiswa ilmu pendidikan sih. Tapi ketika kamu jadi pengajar, dosen atau bahkan orangtua, cobalah cara ini. Siapa tahu hasilnya lebih baik untuk menjelaskan suatu teori.

Tinggalkan Balasan

